Faktor
Perubahan
Ø Lingkungan
yang bersifat dinamis, kompleks dan terkadang tidak dapat diprediksikan membuat
organisasi harus melakukan perubahan secara berkelanjutan.
Ø Faktor-faktor yang menyebabkan
perubahan berasal dari dalam maupun dari luar organisasi.
- Faktor internal: tujuan,strategi dan kebijakan organisasi, kegiatan, dan teknologi yang digunakan.
-Faktor eksternal: politik,
pendidikan, ekonomi, sosial, kebudayaan, dan teknologi.
Ø Lingkungan yang bersifat dinamis,
kompleks dan terkadang tidak dapat diprediksikan membuat organisasi harus
melakukan perubahan secara berkelanjutan.
Ø Faktor-faktor yang menyebabkan
perubahan berasal dari dalam maupun dari luar organisasi.
- Faktor
internal: tujuan,strategi dan kebijakan organisasi, kegiatan, dan teknologi
yang digunakan.
- Faktor eksternal: politik,
pendidikan, ekonomi, sosial, kebudayaan, dan teknologi.
Manajer:
Agent of Change
Agent of
changeadalah seseorang atau sekelompok orang yang berusaha mengubah
perilaku orang lain atau sistem sosial yang ada.
Top-down
change: perubahan yang ditentukan oleh manajemen tingkat atas, umumnya
bersifat strategis dan komprehensif.
Bottom-up change: usul
perubahan berasal dari individu yang ada dalam organisasi, didukung oleh
manajer menengah dan tingkat bawah sebagai agen perubahan.
Jenis
Perubahan
Perubahan tidak terencana
(unplanned change)
Ø Perubahan bersifat spontan, tanpa ada
arahan dari agen perubahan, misal: pemogokan liar yang membuat pabrik tutup,
atau konflik interpersonal yang menghasilkan prosedur baru dalam hubungan antar
departemen.
Perubahan terencana (planned
change)
Ø Perubahan dihasilkan oleh usaha-usaha
yang dilakukan oleh agen perubahan. Perubahan ini merupakan respon dari adanya
perbedaan antara apa yang diharapkan dan kondisi aktual (performance gap).
Target
Perubahan
Tugas:
sifat dasar pekerjaan yang ditunjukkan oleh misi, tujuan dan strategi
organisasi serta desain pekerjaan untuk individu/kelompok.
SDM/personalia:
perilaku dan kemampuan karyawan serta sistem SDM yang mendukungnya.
Budaya:
sistem nilai yang dimiliki organisasi secara keseluruhan serta norma yang
mengarahkan perilku individu/kelompok.
Teknologi:
teknologi untuk mendukung desain pekerjaan, mengatur aliran kerja, dan
mengintegrasikan manusia dan mesin dalam sistem kerja.
Struktur: susunan organisasi
sebagai sistem kompleks termasuk birokrasi, jalur wewenang dan komunikasinya.
Tahapan
Perubahan
Unfreezing
Ø Orang
merasakan adanya kebutuhan untuk berubah dan mempersiapkan diri untuk perubahan
tersebut.
Ø Hal ini dapat dilakukan dengan:
- Membangun
hubungan baik dengan orang-orang yang terlibat dalam perubahan
- Membantu
orang menyadari bahwa perilaku lama tidak efektif
- Meminimalkan resistensi terhadap
perubahan
Changing
Ø Tahapan
implementasi perubahan, orang mulai mencoba perilaku baru dengan harapan akan
menaikkan efektifitasnya.
Ø Hal ini dapat dilakukan dengan:
- Mengidentifikasi
perilaku baru yang lebih efektif
- Memilih
perubahan yang tepat
- Mulai melakukan perubahan
Refreezing
Ø Tahapan
dimana orang memandang bahwa perilaku baru yang telah dicobanya selama periode
“changing” menjadi bagian dari orang tersebut.
Ø Hal ini dilakukan dengan:
- Menciptakan
penerimaan dan keberlanjutan terhadap perilaku baru.
- Meneyediakan
dukungan sumber daya yang diperlukan.
- Menggunakan reward berbasis kinerja
dan penguatan positif.
Strategi
Perubahan
Shared Power Strategy
Ø Strategi
yang melibatkan partisipasi dari pihak-pihak yang terlibat untuk melakukan
perubahan sesuai dengan nilai, kebutuhan maupun tujuan individu/kelompok.
Ø Manajer
memerlukan reference powerdan ketrampilan untuk bekerja efektif bersama
berbagai pihak.
Ø Perubahan ini memerlukan waktu yang
cukup lama, namun perubahan tersebut akanlebih tahan lama dan terinternalisasi
dalam diri masing-masing.
Pengembangan
Organisasi
Ø Pengembangan organisasi (organization
development/OD) adalah suatu usaha jangka panjang untuk meningkatkan kemampuan
organisasi dalam menghadapi kondisi lingkungan dan menyelesaikan
permasalahannya.
Ø OD bisa dikatakan sebagai “perubahan
terencana plus”, dimana OD menciptakan suatu perubahan dengan suatu cara yang
membuat anggota organisasi dapat mengembangkan kemampuannya untuk secara aktif
terus melanjutkan pembaharuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar